Fikry Nurris Rizky

Jumat, 07 Januari 2011

Pengertian dan Cara Kerja Virus, Worm, Trojan

1. Virus
Virus adl Suatu virus yang bisa memperbanyak dirinya sendiri secara terus menerus.

Cara Kerja Virus :
Suatu program komputer yg menduplikasi atau menggandakan diri dengan menyisipkan kopian atau salinan dirinya ke dalam media penyimpanan serta ke dalam jaringan secara diam-diam tanpa seepengetahuan pengguna komputer tersebut.

2. Worm
Worm adl Suatu program komputer yang mampu memperbanyak dirinya, dan menyita memori, secara diam2 tanpa sepengetahuan pengguna komputer tapi tidak mampu melekatkan dirinya pada sebuah program lain.

Cara kerja Worm :
Kemampuannya menyalin-diri, sehingga pc bisa mengirimkan ratusan bahkan ribuan salinan worm, dan menimbulkan suatu kehancuran yang amat besar didalam pc. Atau sebuah program yang berdiri sendiri dan tidak membutuhkan sarang untuk menyebarkan diri. Hebatnya lagi, worm bisa saja tidak memerlukan bantuan orang untuk penyebarannyaSetelah masuk ke dalam suatu komputer, worm memodifikasi beberapa pengaturan di sistem operasi agar tetap hidup. Minimal, ia memasukkan diri dalam proses boot suatu komputer. Lainnya, mungkin mematikan akses ke situs antivirus, menonaktifkan fitur keamanan di sistem dan tindakan lain

3. Trojan
Trojan adl Sebuah program yang memiliki kemampuan merusak dan menyamar sebagai aplikasi yang tidak berbahaya. Berbeda dengan virus, Trojan tidak menyalin dirinya sendiri, selain hanya merusak. Salah satu jenis Trojan yang amat jahat adalah sebuah program yang menyatakan akan membersihkan komputer kita dari virus, tetapi sebaliknya malah memasukkan virus kedalam komputer kita.

Cara Kerja Trojan :
program akan mengopikan dirinya sendiri ke suatu lokasi rahasia pada hard disk kita. Dengan tujuan, tentu saja, agar file server sulit untuk ditemukan, Trojan akan mengubah suatu file atau registry Windows, sehingga Trojan akan dapat melakukan pengaktifan dirinya sendiri via fasilitas autostart pada saat Windows diaktifkan. Misalnya Trojan akan mengubah file *.INI atau syaraf registri yang menangani masalah autorun.

0 komentar:

Posting Komentar

 
Free Manchester United Badge MySpace Cursors at www.totallyfreecursors.com