Fikry Nurris Rizky

Rabu, 02 Februari 2011

Kompetisi Web Kompas Muda & AQUA


Bagi teman-teman yang ingin berpartisipasi mengikuti kompetisi web muda ini, segera kunjungi di  www.mudaers.com

---------------------------------------------------------------------------------------------------------------

"Air Untuk Masa Depan"

Kita minum air bukan? Yang jelas apapun bentuk minumanya pasti ada airnya sebagai pelarut. Nah tahukah kawan dari mana air berasal? Apakah air diciptakan di bumi?

Seperti yang kita ketahui bersama bahwa air senantiasa bergerak dalam suatu siklus yang sempurna. Air yang kita minum berasal dari air tanah, air tanah berasal dari hujan. Air hujan berasal dari laut. Air tanah bergerak menuju laut. Air laut dari mana? Air yang di bumi berasal dari mana?


Siklus Air

Kita sendiri adalah air (80%), kita berasal dari air, kita setiap hari berjibaku dengan air. Namun kita jarang memikirkan dari mana air itu sendiri, dari mana tempat kita berasal. Padahal berfikir itu penting agar kita tahu siapa kita sebenarnya, mau kemana kita dan untuk apa kita.
 
Air adalah substansi kimia dengan rumus kimia H2O : satu molekul air tersusun atas dua atom hidrogen yang terikat secara kovalen pada satu atom oksigen. Air bersifat tidak berwarna, tidak berasa dan tidak berbau pada kondisi standar, yaitu pada tekanan 100 kPa dan  temperatur 273,15 K (0 °C).

Air sering disebut sebagai pelarut universal karena air melarutkan banyak zat kimia. Dalam bentuk ion, air dapat dideskripsikan sebagai sebuah ion hidrogen (H+) yang berasosiasi (berikatan) dengan sebuah ion hidroksida (OH-).

Air secara umum memiliki pengertian benda atau zat cair yang banyak terdapat keberadaannya di seluruh wilayah bumi. Secara Mutlak Air merupakan bagian tertentu dalam jalannya roda kehidupan manusia dan seluruh bumi ini. Setiap tetesnya begitu berharga dan mempunyai arti penting. 

Air hadir dalam berbagai macam bentuk, rupa dan wujud, diantaranya adalah :
- Cair (di laut, danau, Lautan dan sebagainya)
- Padat (Es yang mengambang)
- Gas (Uap Air di awan dan sebagainya)

Manfaat Minum Air 

Mengingat pentingnya air, maka anjuran yang diberikan adalah agar kita meminum air sedikitnya 8 gelas sehari atau sekitar dua hingga dua setengah liter air. Berikut adalah beberapa manfaat air bagi tubuh :

Membuat tubuh lebih sehat
Apabila asupan air mencukupi, hal ini dapat membantu agar distribusi nutrisi ke seluruh tubuh menjadi lancar sehingga semua sel dalam tubuh dapat memperbaiki diri dengan nutrisi tersebut. Dengan minum air sesuai anjuran juga akan meringankan kerja ginjal dan hati sehingga dapat membantu kita terhindar dari penyakit ginjal dan hati.

Memperlancar pencernaan
Minum air membantu pembuangan racun hasil metabolisme lebih lancar. Ini akan membantu kita terhindar dari penyakit pada pencernaan seperti sakit maag dan sembelit.

Menambah kecantikan alami
Kekurangan air akan membuat kulit kita terlihat kering dan berkerut. Air akan membantu menjaga kulit agar tetap kenyal sehingga terlihat awet muda dan cantik alami.

Membuat langsing
Air dapat menurunkan berat badan. Mengapa? Karena air tidak berkalori, bebas lemak, bebas kolesterol, dan rendah natrium.Selain itu, air membantu tubuh menguraikan lemak yang tersimpan.

Bagi yang sedang berdiet, air dapat menjadi teman yang tidak boleh dilupakan. Dengan meminum air hangat sebelum makan, akan membantu kita merasa kenyang sehingga akan mengurangi selera makan dan mengurangi porsi makan kita. Minum air juga tidak akan membuat gemuk karena air tidak mengandung kalori, gula dan lemak.

Meningkatkan kesuburan
Untuk Anda yang sedang merencanakan kehamilan, ternyata air dapat membantu meningkatkan kesuburan karena akan merangsang produksi hormon testoteron pada pria dan hormon estrogen pada wanita.

Sebagian besar tubuh manusia terdiri dari air. Air juga diperlukan untuk kegiatan metabolisme tubuh. Tubuh yang kekurangan cairan bisa menyebabkan penyakit. Penyakit yang paling sering diderita oleh orang yang jarang minum adalah penyakit ginjal.

Oleh karena itu, pakar kesehatan menganjurkan untuk minum air minimal 8 gelas sehari. Tentu saja air yang diminum adalah air putih.

Tips Mencermati Air yang Sehat
Upayakan Anda tidak sembarangan minum air putih. Pastikan bahwa air yang Anda minum memenuhi ketiga syarat berikut :
  1. Perhatikan air tidak berwarna keruh. Air harus jernih secara kasat mata.
  2. Air bening tidak boleh berbau. Air jernih bila berbau harus diwaspadai.
  3. Air putih tidak berasa alias hambar. Bila air jernih ada rasa seperti rasa pahit atau asam, maka harus diwaspadai.
Hati-hati juga dalam mengkonsumsi air putih. Darimanakah asal air yang Anda masak? Apakah dari air tanah, jet pump, sungai, kali atau air mineral kemasan?

Air Tanah untuk Minum
Bila menggunakan air tanah, perhatikan juga apakah masih layak minum atau tidak. Sebagian besar air tanah di kota-kota besar sudah tercemar dengan limbah pabrik, sehingga sebagian besar tidak layak minum. Bila memasuki musim hujan, debit air tanah biasa berkurang. Hal inilah yang menyebabkan banyak warga yang kekurangan air bersih. Bila menggunakan jet pump, cium baunya, apakah berbau kaporit? Bila berbau kaporit, maka sudah tidak layak minum.

Air Sungai untuk Minum

Hati-hati juga dalam menggunakan air sungai atau air kali untuk dikonsumsi, karena sungai atau kali biasa digunakan oleh masyarakat kampung untuk MCK (Mandi Cuci Kakus). Limbah dari manusia mengandung bakteri E.Coli sehingga bila dikonsumsi, bisa menyebabkan sakit perut bahkan diare.

Efek Minum dari Air yang Tercemar
Efek meminum air-air yang sudah tercemar memang terkadang tidak langsung kita rasakan. Namun jangka panjangnya, air yang tidak layak minum akan merusak kesehatan kita. Lalu kita minum air apa?
Ikuti tiga petunjuk di atas. Air tidak berwarna, berbau dan tidak berasa. Atau, Anda juga bisa menggunakan alat penyaringan air. Untuk memproses air yang tidak layak minum menjadi alat yang layak minum.



Bila Anda penggemar minuman air di dalam kemasan, berhati-hatilah. Karena sekarang sudah bermunculan air kemasan dengan berbagai merek. Tidak lagi didominasi oleh merek-merek tertentu. Agar lebih aman, lebih baik menggunakan air minum kemasan yang memang sudah terjamin kelayakannya.  Bila Anda mengkonsumsi air isi ulang, perhatikanlah apakah air tersebut benar-benar disaring dengan baik dan wadah gallon Anda benar-benar bersih dan steril.

Seringkali kita tidak menyadari bahwa justru yang mencemari air di sekitar kita adalah kita sendiri, melalui air limbah rumah tangga. Berupa air sabun, air bekas masak, dan lain sebagainya. Bila tidak ditanggulangi sejak sekarang, air limbah rumah tangga bisa menjadi boomerang bagi diri kita sendiri karena dapat menyebarkan penyakit kolera, tipus, disentri dan lain-lain. Untuk itu, diperlukan kerjasama antar warga untuk mengolah air limbah rumah tangga dengan cara membuat bak resapan dan saluran air kotor.

Nah, saatnya untuk lebih berhati-hati dalam mengkonsumsi air untuk diminum. Berhati-hati bukan berarti kita harus paranoid. Sayangi hidup Anda dan masa depan anak Anda.


Demikian artikel ini yang saya buat, semoga dapat bermanfaat bagi pembaca maupun pengunjung di blog ini.

Terima Kasih Kepada www.mudaers.com dan AQUA yang telah mengadakan kompetisi web muda ini. Semoga kompetisi ini dapat bermanfaat untuk kita semua. 

Bagi teman-teman yang ingin berpartisipasi mengikuti kompetisi web muda ini, segera kunjungi di  www.mudaers.com


0 komentar:

Posting Komentar

 
Free Manchester United Badge MySpace Cursors at www.totallyfreecursors.com