Fikry Nurris Rizky

Minggu, 09 Januari 2011

Apa Itu Blog?

Web Logs atau biasa disingkat dengan Blog sudah seperti jamur di musim semi. Hampir semua website berpindah dan merubah format ke blog. untuk membuat materi ini saya telah merangkumnya dari banyak sumber dan memberi tambahan beberapa untuk mempermudah dalam memahaminya.

Banyak pendapat berbeda yang menjelaskan tentang blog. Saya ingin menjelaskan blog dengan membandingkannya dengan website "normal". Seperti yang saya kutip dari artikel berjudul "Blog Profits Blueprint" yang ditulis oleh Yaro Starak seorang blogger (sambutan untuk pembuat dan pengelola Blog) professional, yang diterjemahkan oleh Agung Firdaus (pengelola situs http://blog.firdaus.info), sebenarnya blog sendiri adalah sebuah website (dan memang begitu, blog sebenarnya adalah sebuah website). Blog adalah website yang mempunyai beberapa perbedaan kunci, antara lain :
1. Artikel di tampilkan secara kronologis dengan artikel paling baru berada paling atas
Ini adalah  bagian yang paling konsisten dari setiap blog yang pernah saya kunjungi. Artikel ditampilkan dengan sedikit cuplikan dari isi, dimulai dari bagian atas untuk artikel yang paling abru diikuti kemudian dengan artikel yang lebih lama, dan seterusnya. Format ini adalah warisan dari aspek "jurnalistik" dari blog yang merupakan diary online atau jurnal. Diary mempunyai isi yang dibuat berdasarkan tanggal dan begitu pula blog bekerja.

Meskipun blog mempunyai gaya seperti cerita jurnalistik, hal penting yang perlu di perhartikan adalah saat ini tidak semua blog merupakan diary dan bukan tentang kehidupan pribadi dari sang penulis. Beberapa blog masih merupakan hasil pemikiran seorang  penulis - blog saya juga, tapi saya tidak bercerita tentang kuncing saya atau apa yang saya makan waktu sarapan tadi. Saya tetap pada topik yang sudah dipilih, tentang gudang Ilmu dan blogging, dan orang-orang yang tertarik pada kedua topik tadi datang untuk membaca blog saya. Blog saat ini bisa mengenai bermacam subjek, ditulis oleh seorang atau banyak orang dan tentunya semua itu bukanlah diary pribadi. refleksi pribadi, opinidan suara semuanya sudah menjadi bagian dari blog, tapi itu semua tidak mempengaruhi nafas dan jangkauan dari cakupan topik.

2. Mudah Untuk Menambahkan konten Baru
Website normal mempunyai satu masalah kronis yang menghalangi orang untuk menambahkan konten baru yaitu telalu teknis. Meskipun sudah CMS (Content Management System) yang canggih, pembuatan website masih diluar jangkauan pengguna web umunya. Blog sudah mengubah hal ini. Mereka menyediakan sebuah Sistem publikasi konten yang begitu mudah digunakan oleh kebanyakan pengguna web dengan sedikit latihan, mereka bisa mempublish konten ke Word Wide Web. Ketika publikasi konten menjadi semudah menulis email, kendala untuk masuk sudah sangat rendah dan saat ini kita mempunyai sebua dunia yang terisi jutaan Blog.
  
3. Mudah Untuk Menambahkan konten Baru
Masalah besar lain yang menjadi wabah pada website tradisional adalah sifat statis mereka. Kebanyakan website tidak pernah berubah dan anda selalu kembali ke halaman-halaman yang sama dengan isi yang sama. Alasan untuk hal ini adalah poin ke dua di atas sangat sulit bagi kebanyakan orang untuk menamahkan konten pada sebuah website.

0 komentar:

Posting Komentar

 
Free Manchester United Badge MySpace Cursors at www.totallyfreecursors.com