Aplikasi ini memuat tentang siklus koleksi perpustakaan dari mulai penanganan buku baru sampai pada transaksi peminjaman buku dan pengembalian buku. Aplikasi ini memberikan laporan buku dan peminjaman.
Berikut adalah Implementasi Input/Output :
Form halama utama, didalam terdapat beberapa sub menu seperti, Master Anggota, Master Koleksi, Master Klasifikasi, Master Buku, Transaksi Peminjaman, Transaksi Pengembalian, Komputer Katalog, Cetak Laporan Buku, Cetak Laporan Peminjaman Buku, Cetak Laporan Peminjaman Anggota. Implementasi dari form ini adalah sebagai berikut :
2. Form Anggota
Form
ini digunakan petugas untuk menambah anggota jika belum terdaftar di
perpustakaan dan mengedit daftar nama anggota perpustakaan jika terjadi
kesalahan dalam menginput data anggota, cukup petugas klik salah satu nama pada
kolom master anggota maka keterangan biodata anggota akan secara otomatis
muncul pada text box yang terletak diatas kolom master anggota. Implementasi
dari form ini adalah sebagai berikut :
3. Form Koleksi
Petugas
harus mengisi form koleksi. Data yang harus diisikan dalam form ini yaitu jenis
koleksi buku, lama max pinjam dan denda terlambat tiap koleksi. Jika petugas
salah dalam menginput data. Maka, petugas cukup klik salah satu nama pada kolom
master koleksi maka keterangan akan secara otomatis muncul pada text box yang
terletak diatas kolom master koleksi. Implementasi dari form ini adalah sebagai
berikut :
4. Form Klasifikasi
Berikut
yang harus diisikan oleh petugas adalah Form Klasifikasi. Dalam form ini
petugas mengisi klasifikasi buku sesuai dengan ketentuan dari sekolah. Jika
petugas salah dalam menginput data. Maka, petugas cukup klik salah satu nama
pada kolom master klasifikasi maka keterangan akan secara otomatis muncul pada
text box yang terletak diatas kolom master klasifikasi. Implementasi dari form
ini adalah sebagai berikut :
5. Form Master Buku dan Detail Buku
Berikut
yang harus diisikan oleh petugas adalah data Buku. Dalam form ini petugas
mengisi data buku, untuk mengisi jenis koleksi dan nama klasifikasi petugas
cukup menekan tombol cari. Jika petugas salah
dalam menginput data. Maka, petugas cukup klik salah satu nama pada kolom
master buku maka keterangan akan secara otomatis muncul pada text box yang
terletak diatas kolom master buku. Setelah petugas mengisi data buku maka
selanjutnya petugas mengisi detail buku dengan menginput Kode seri buku dan
status buku. Implementasi dari form ini adalah sebagai berikut :
6. Form Transaksi Peminjaman
Jika
sudah mengetahui koleksi yang ingin dipinjam oleh anggota tersebut ada maka
petugas baru masuk kedalam Form Peminjaman. Dalam form ini petugas memasukkan
nama anggota dan judul buku yang dipinjam, sedangkan tanggal pinjam dan tanggal
kembali secara otomatis dilakukan oleh sistem. Setelah data peminjaman diisi
lalu petugas menekan tombol simpan dengan begitu status buku yang sebelumnya
buku ada menjadi buku dipinjam. Implementasi dari form ini adalah sebagai
berikut :
7. Form Transaksi Pengembalian
Jika
ada anggota ingin mengembalikan buku yang dipinjam maka petugas harus masuk ke
dalam form pengembalian untuk mengetahui detail dari buku yang dipinjam
tersebut terdapat denda atau tidak, petugas tinggal mengetik id transaksi pada
text box id transaksi. Kemudian akan muncul data anggota yang meminjam buku di
perpustakaan, lalu petugas clik biodata tersebut sehingga akan muncul text box yang
terletak di bawah kolom tersebut, sehingga petugas tinggal mengisi tanggal
transaksi kembali. Jika tanggal transaksi kembali lebih dari tanggal kembali
yang sudah ditentukan maka jumlah hari terlambat dan denda secara otomatis
muncul dan jika petugas menekan tombol simpan maka status buku berubah menjadi
buku ada. Implementasi dari form ini adalah sebagai berikut :
8. Form Katalog
Sebelum
melakukan peminjaman, anggota/petugas harus mencari buku yang akan dipinjam
tersebut terpinjam atau tidak dalam form katalog tersebut. Didalam form katalog
tersebut ada proses pencarian tentang judul buku yang ingin dicari, jadi proses
pencarian bias lebih spesifik menunjuk pada koleksi yang dicari. Implementasi
dari form ini adalah sebagai berikut :
9. Form Laporan
Untuk
mengetahui laporan jumlah buku, laporan buku yang di pinjam dan laporan anggota
yang sering meminjam. Maka cukup menekan tombol cetak laporan buku, cetak
laporan peminjaman buku, dan cetak laporan peminjaman anggota pada form menu
utama. Implementasi dari form ini adalah sebagai berikut :
Laporan Buku
Laporan Transaksi Peminjaman Buku
Laporan Transaksi Peminjaman Buku Per Anggota
-------------------------------------
Sekian penjelasan Aplikasi Perpustakaan diatas, jika ada teman-teman mahasiswa, SMK, dll. yang butuh coding Aplikasi Perpustakaan untuk membantu tugas kuliah ataupun tugas sekolah. dan pihak kepala sekolah yang membutuhkan software aplikasi perpustakaan seperti di atas? Namun di kenai biaya administrasi jasa pembuatan coding tersebut.
Bisa menghubungi saya melalui :
email : fikry1992@gmail.com
Hp : 083831385495
Pin BB : 3170EE91
"Semoga Aplikasi di atas dapat membantu teman-teman untuk menyelesaikan Tugas-tugas Kuliah maupun sekolah"
10 komentar:
source code nya mana mas
mas saya minta aplikasinya tolong kirim via email y mas terima kasih
source nyagk dah
gan boleh minta projectnya gak
blog sangat pelit
Mas tolong minta kirim source codingnya masing-masing Mas kirim via e-mail.
Koding nya mana Mas fikri
mana kodingannya mas???????? mana ini????? masa cuma gambar aja????????????????????
asu
gan bagi coodingan gan
Posting Komentar