Fikry Nurris Rizky

Sabtu, 18 Mei 2013

KF Web Server, Abyss Web Server, XAMPP, POSTGRESQL, ORACLE, SQL Server

KF Web Server

KF Web Server adalah sebuah HTTP Server gratis yang memiliki host tidak terbatas jumlah situs web. Ukurannya yang kecil, persyaratan sistem rendah dan administrasi mudah membuat pilihan yang sempurna untuk pengembangan web profesional dan amatir sama. Mendukung CGI, pengaturan keamanan canggih termasuk MaxURLSize dan banyak lagi, beberapa port, file caching, pengaturan MIME, indeks direktori dan juga berbasis browser, administrasi remote. Antarmuka konfigurasi yang mudah digunakan dan menarik.

Abyss Web Server
Abyss Web Server X1 – merupakan sebuah web server personal. Walaupun aplikasi ini memiliki footprint yang kecil, tetapi Abyss Web Server X1 mendukung koneksi SSL (HTTPS) yang aman. Disamping itu, Abyss Web Server X1 juga mendukung skrip CGI, FastCGI, ISAPI extension, ASP.NET, dan server side include (SSI). Kelebihan lain yang disajikan adalah bahwa aplikasi ini memungkinkan anda untuk meneruskan proses download yang terganggu serta negoisasi caching dan logging.

Abyss Web Server X1 ini dapat menangani halaman yang error serta dapat mengontrol IP address. Aplikasi ini akan membantu anda untuk melakukan penulisan kembali URL, alias, tipe MIME. Disamping itu, Abyss Web Server X1 juga mendukung file index, cistom direktory listing, anti leeching dan bandwidth. 

Selain itu, aplikasi Abyss Web Server X1 ini menyediakan sistem anti-hacking yang dapat berjalan secara otomatis serta menyajikan tampilan web manajemen web remote multi bahasa. Dengan aplikasi yang satu ini, anda dapat menghostingkan situs anda. Dan yang tidak kalah menarik adalah bahwa aplikasi Abyss Web Server X1 ini juga bukan hanya tersedia dalam versi Windows saja, tetapi juga tersedia untuk versi Mac OS X, Linux dan FreeBSD.

XAMPP
XAMPP adalah sebuah software yang dapat Anda gunakan untuk mempermudah proses pembuatan website Anda. 

XAMPP merupakan sebuah paket aplikasi perangkat lunak yang didalamnya terdapat beberapa aplikasi lain. Sesuai namanya XAMPP yang berarti (X – Aplikasi ini dapat dioperasikan pada beberapa sistem operasi seperti Windows, Mac OS, Solaris dan Linux. A – Apache yang merupakan web server. M - MYSQL yang merupakan database server. P – PHP merupakan bahasa pemprograman web scripting. P – Perl merupakann bahasa pemprograman). Selain beberapa aplikasi diatas, aplikasi ini juga memuat aplikasi FTP server, phpMyAdmin dan beberapa tool web lainnya.

Aplikasi XMAPP merupakan salah satu aplikasi web server yang dapat digunakan secara gratis dan dapat diunduh dari situs ApacheFriends.org. Karena aplikasi ini merupakan sebuah paket, maka Anda tidak perlu menginstalnya satu persatu dan melakukan pengaturan konfigurasi secara terpisah-pisah.

Aplikasi XAMPP ini dirancang menjadi sebuah Development Tool yang dapat Anda gunakan untuk melakukan pengujian dan menjalankan web yang telah Anda buat secara offline pada komputer Anda sendiri, tanpa membutuhkan koneksi internet.

Keunggulan XAMPP for Windows :
- Bundle aplikasi web tool yang sangat lengkap
- Dapat digunakan dan didistribusikan secara gratis
- Proses instalasi yang mudah dilakukan dan sangat praktis
- Dapat dijalankan dalam modus grafis
- Dilengkapi dengan fitur htdoc yang merupakan folder untuk menyimpan file-file yang dijalankan
- Dilengkapi dengan fasilitas phpMyAdmin yang digunakan untuk mengelola basis data pada MySQL
- Dilengkapi dengan fasilitas Control Panel, yang dapat digunakan untuk pengelolaan layanan yang terdapat pada XAMPP.
- Multiplatform. Dapat digunakan pada beragam sistem operasi populer
- Dapat digunakan secara portable


POSTGRESQL
PostgreSQL merupakan sistem basis data yang open source. PostgreSQL telah dikembangkan hingga memiliki arsistektur yang tangguh dan memiliki kelebihan tersendiri dengan aplikasi database lainya. PostgreSQL dapat digunakan hampir di semua operating system, seperti Windows, Linux dan UNIX. PostgreSQL telah mendukung penyimpanan BLOB, termasuk gambar dan video. PostgreSQL didesain untuk sitem database berskala kecil dan sistem database yang berskala besar.

Salah satu standar SQL yang belum dipenuhi adalah referential integrity dan outer-join (Referential integrity  merupakan mekanisme dan teknik yang menjamin validitas dari database relasional.  ). Tetapi dengan kekuranganya tersebut bukan berarti PostgreSQL tidak dapat disejajarkan dengan aplikasi database lainnya, justru dengan pengembangan featurenya, PostgreSQL database memiliki keunggulan tersendiri yang dapat di sesajarkan dengan aplikasi database lainya.
 
ORACLE
Pada awalnya Oracle adalah perusahaan pengembang aplikasi database software yang dapat digunakan untuk mengembangkan sistem informasi dengan basis data terpusat. Oracle adalah aplikasi database yang pertama kali mengadopsi SQL (structure query language) yang menjadi standar bahasa bagi berbagai DBMS (data base management system) modern.
 
Keunggulan Oracle dibanding dengan yang lain :
  1. Scalability, memiliki kemampuan menangani banyak user yang melakukan koneksi secara bersamaan tanpa berkurangnya performance.
  2. Reliability, memiliki kemampuan untuk melindungi data dari kerusakan jika terjadi kegagalan fungsi pada sistem seperti disk failure.
  3. Serviceability, memiliki kemampuan untuk mendeteksi masalah, kecepatan dalam mengkoreksi kesalahan, dan kemampuan melakukan konfigurasi ulang struktur data.
  4. Stability, memiliki kemampuan untuk crash karena beban load yang tinggi. Hal ini berkaitan dengan scability.
  5. Availability, yaitu kemampuan dalam penanganan crash atau failure agar service dapat tetap yaitu kemampuan dalam penanganan crash atau failure agar service dapat tetap berjalan.
  6. Multiplatform, dapat digunakan pada banyak sistem operasi seperti seperti windows, unix, linux, dan solaris.
  7. Mendukung data yang sangat besar, Oracle dapat menampung data hampir 512 pet byte (1 pet byte = 1.000.000 gigabyte).
  8. Sistem sekuriti yang cukup handal
  9. Dapat menampung hampir semua tipe data seperti data teks, image, sound, video, dan time series.
SQL Server
Pada dasarnya pengertian dari SQL Server itu sendiri adalah bahasa yang dipergunakan untuk mengakses data dalam basis data relation. Bahasa ini secara defacto adalah bahasa standar yang digunakan dalam manajemen basis data relasional. Saat ini hampir semua server basis data yang ada mendukung bahasa ini dalam manajemen datanya. SQL server  merupakan salah satu produk dari Relational Database Management System (RDBMS).

Adapun tempat penyimpanan, ruang penyimpanan yang unik mesin SQL hserver bisa membantu kita untuk memilih jenis penyimpanan database yang paling sesuai untuk kebutuhan kita. Ada penyimpanan informasi kecil dan penyimpanan untuk efisiensi maksimum. Dan juga ini dilengkapi dengan sistem perlindungan ditingkatkan yang memungkinkan kita untuk membatasi sumber daya server dengan basis per pengguna

SQL Server adalah server basisdata yang secara fungsional adalah proses atau aplikasi yang menyediakan layanan basisdata. Client berinteraksi dengan layanan basisdata melalui antar muka komunikasi tertentu yang bertujuan untuk pengendalian dan keamanan. Client tidak mempunya akses langsung kedata, tetapi selalu berkomunikasi dengan server basisdata. (Marcus Teddy.2004).

SQL Server menggunakan tipe dari database yang disebut database relasional. Database relasional adalah database yang digunakan sebuah data untuk mengatur atau mengorganisasikan kedalam tabel. Tabel-tabel adalah alat bantu untuk mengatur atau mengelompokan data mengenai subyek yang sama dan mengandung informasi dan kolom dan baris. Tabel-tabel saling berhubungan dengan mesin database ketika dibutuhkan.

SQL Server mendukung beberapa tipe data yang berbeda, termasuk untuk karakter, angga, tanggal (datetime) dan uang (money), SQL Server digunakan untuk menggambarkan model dan implementasi pada database.

Keuntungan menggunakan SQL Server dapat didefinisikan menjadi dua bagian yaitu satu bagian untuk menjalankan pada server dan bagian lain untuk client.
  • Keuntungan Client
    • Mudah digunakan.
    • Mendukung berbagai perangka keras.
    • Mendukung berbagai aplikasi perangkat lunak.
    • Biasa untuk digunakan
  • Keuntungan Server
    • Dapat diandalkan (Reliable)
    • Toleransi kesalahan (Fault Tolerant)
    • Konkurensi (Concurrent)
    • Performa tingggi dalam perangkat keras (High-performance Hardware)
    • Pengendalian terpusat (Centralized Control)
    • Penguncian yang canggih (Sophisticated Locking).

0 komentar:

Posting Komentar

 
Free Manchester United Badge MySpace Cursors at www.totallyfreecursors.com