Fikry Nurris Rizky

Rabu, 02 Februari 2011

Cara Mudah Lacak Pembobol Akun Facebook

Cara Mudah Lacak Pembobol Akun Facebookmu
Apakah Facebook kamu pernah dihack? Atau, kamu mau mencegah adanya orang yang membobol akun Facebook kamu? Caranya sangat gampang bahkan kamu bisa tahu siapa nama orang dan lokasi orang itu.

Caranya cukup dengan klik "Account Security" di samping kanan atas profil kamu. Kemudian scroll ke bawah dan lihat yang namanya 'Account Security' di bagian Settings. Klik itu untuk membuka opsi lainnya.

Di sana kamu akan melihat tulisan seperti di bawah ini.

"When a new computer or mobile device logs into this account:"

di bawahnya ada kotak Send Me An Email, kamu centang itu dan klik Save. Nanti kalau ada orang yang mencoba membobol akunmu akan ada pemberitahuan di email kamu.

Perhatikan lagi tulisan di bawahnya, ada Account Activity. Di sana ada informasi lokasi terakhir dan jam berapa kegiatan membuka profil Facebook kamu. Dengan begini kamu bisa memantau apakah Facebook kamu dihack atau tidak.

Seandainya Facebook kamu di hack, kamu akan mengetahuinya ketika Log In di depan komputer kamu, bukan di handphone. Ketika Log In ke Facebook, sistem akan memberitahu bahwa ada kegiatan yang mencurigakan yang mencoba membuka akunmu. Kamu akan diberitahu tanggal, jam dan IP Address si hacker. Nah, IP Address inilah yang menjadi senjata kita untuk melacak keberadaan si hacker.

Jika memang kamu di hack dan kamu telah mendapatkan IP Address si hacker, kamu bisa membuka situs APNIC di http://www.apnic.net/. APNIC adalah penguasa nama Domain untuk wilayah Asia Pasifik. Kamu bisa search IP Address si hacker di situs APNIC dan kamu akan mendapatkan nama dan lokasi si hacker.

Bagaimana? Cukup mudahkan? Kalau hacker mencoba membobol akun Facebook kamu, kamu juga tidak kalah canggihnya dengan melacak keberadaan si hacker, bahkan mungkin yang membobol akun kita adalah teman kita sendiri.

Sebenarnya ada satu fitur lagi yang dapat membantu kita melindungi akun, yaitu adanya fitur enkripsi. Fitur enkripsi ini akan mengunci akun kita dengan sebuah script keamanan, sehingga kegiatan kita di Facebook tidak akan terlacak. Caranya cukup dengan menambahkan huruf S di belakang tulisan 'http' di Address Bar browser internet kita.

Untuk wilayah Amerika, cara ini dipermudah lagi dengan memberikan opsi untuk menghidupkan selalu fitur enkripsi di bagian 'Account Security', sayang untuk Facebook di Indonesia opsi ini belum ada. Tapi yang jelas, jika opsi ini diaktifkan keamanan akun kita terjamin namun akan membuat proses browsing lebih lamban.

Fitur enkripsi ini adalah fitur yang terbaru menyusul dibobolnya akun Fan Page bos Facebook, Mark Zuckerberg. Fitur ini sangat cocok diaktifkan ketika kita main Facebook di Hot Spot atau di warnet. (*)

1 komentar:

gus pram mengatakan...

bagaimana cara melacak pembobol akun FB yg terjadi setahun lalu, sbb saya gaptek sih....

Poskan Komentar

 
Free Manchester United Badge MySpace Cursors at www.totallyfreecursors.com