Fikry Nurris Rizky

Selasa, 14 Desember 2010

Laporan Outbond BERDASI 2010

Outbond jurusan di perguruan tinggi – perguruan tinggi yang ada diseluruh Indonesia ini pasti lah memiliki konsep – konsep yang berbeda, di STIKOM Surabaya sendiri Outbond jurusan nya memilih untuk outbond yaitu kegiatan diluar kampus. Pengumuman Outbond tersebut pasti dibenak para mahasiswa sudah tahu tentang adanya Outband jurusan tersebut namun dari secara keseluruhan pelaksanaannya kapan setiap mahasiswa belum tahu, khususnya bagi mahasiswa baru. Ternyata di STIKOM Surabaya sendiri untuk Outbond jurusannya memilih untuk gabung dengan jurusan yang lain, saya sendiri di STIKOM Surabaya memilih jurusan Sistem Informasi. Sebelum TM, ada pengumuman pembagian kelompok atau regu dan jadwal pemberangkatan. Pembagian kelompok secara menyeluruh dibagi menjadi dua batch, yaitu batch pertama terdiri dari Sistem Informasi I, Sistem Komputer, KPK, dan Manajemen Informasi pemberangkatannya dilaksanakan pada tanggal 3 – 5 desember 2010 sedangkan batch kedua terdiri dari Sistem Informasi II, KA, Multimedia, dan DKV yang pemberangkatannya dilaksanakan pada tanggal 10 – 12 desember 2010.

Di sistem informasi sendiri untuk pelaksanaan technical meeting outbond dilaksanakan dua kali pertemuan, yaitu dilaksanakan pada tanggal 30 november dan 2 desember 2010. Sebelum itu, kelompok atau regu di sistem informasi sendiri dibagi menjadi beberapa kelompok kecil, dikarenakan jumlah dari sistem informasi sangatlah luar biasa daripada jurusan lainnya, yaitu sekitar kurang lebih 200 keatas. Menurut saya itu adalah hal yang luar biasa karena peminat sistem informasi lebih dari jurusan yang lain. Pembagian kelompok batch pertama terdiri dari Abstract, Polymorphism, Inheritance, Exception, Java Api, PHP, Pascal, C++, Dot-Net, HTML, Perl dan batch kedua terdiri dari Ruby, Marketing, VB, UML, JCreator, CSS, SQL, ORACLE, Manufacture, Informasi, AntiVirus. Untuk TM pertama yang hadir tidak sesuai dengan target yaitu sekitar 72. Namun menurut saya, itu semua tidak menjadi masalah dan kegiatan harus tetap berjalan. Pembahasan di dalam TM tersebut tentang perlengkapan – perlengkapan yang harus dibawa untuk outbond, tata tertib yang akan dipatuhi selama kegiatan untuk boleh dilaksanakan atau tidak dan tema outbond nya yaitu BERDASI 2010. Disamping itu juga ada pembuatan yel – yel jurusan dan pembuatan yel – yel itu sendiri dikoordinir oleh 5 koordinator yang telah ditunjuk oleh panitia. 5 koordinator untuk pembuat yel – yel itu sendiri yaitu Ageng Permadi, Febri, Sandy Perdana, Uchia. Nama – nama tersebut akan mengordinir dan memberi contoh yel – yel yang telah dibuat oleh mereka. Untuk TM yang kedua dilaksanakan pada tanggal 8 desember 2010, jumlah peserta yang datang lumayan banyak daripada TM yang pertama. Di TM yang kedua ini membahas kesiapan perlengkapan dan yel – yel jurusan, 5 koordinator tersebut menyampaikan dan memberikan selembaran kertas untuk disuarakan bersama – sama, yel – yel nya yaitu sebagai berikut :


Arek SI, Arek Si, Arek SI .... Itulah Kami ...
Kita Selalu mandiri berprestasi ...
Cuma Sistem Informasi ...
Prodi kami yg slalu sehati ...

Arek Si, Arek SI, Arek SI ... Seng nomer siji ...
Arek SI ,Arek SI, Arek SI ... paling digoleki ....
Anaknya Selalu Happy ... Yo Wes Pastiii ....
Papa Jangkung Dukung kami ...
#ketik Reg Spasi# ...
AREK SI, AREK SI, AREK SI ... KAMI BISA !!!


Disamping itu juga ada yel – yel penyemangat untuk peserta dan panitia berdasi 2010, yaitu :

Peserta
Will Be Act...
Will Be Fight..
and THE WINNER....

Panitia
One Spirit...
One Mission...
To do the best...


Jum’at, 10 Desember 2010 outbond hari pertama sudah tiba, para peserta dari berbagai jurusan berkumpul pada pukul 12.00 sesuai jurusannya masing – masing untuk cek list peserta apakah sudah lengkap sesuai kelompok. Setelah semua jurusan berkumpul sesuai arahan masing – masing panitia per jurusan, jurusan sistem informasi sendiri pada batch kedua berjumlah 136, namun tidak mengurangi rasa semangat para peserta sistem informasi. Semua jurusan diarahkan oleh salah satu dosen untuk pembagian kelompok besar di depan gedung serba guna dan kelompok tersebut terdiri dari kurang lebih 30 kelompok, setelah melihat kelompok besar di depan gedung serba guna mereka semua langsung menuju truk yang disediakan.

Sekitar pukul 13.30 para peserta outbond berangkat menuju SKJJ (Sasana Krida Jati Jejer). Dalam perjalanan mungkin dari setiap masing – masing peserta pasti dalam hatinya bertanya – tanya yang terjadi disana. Untuk perjalanan menuju kelokasi membutuhkan sekitar kurang lebih 2 jam. Dan setibanya dilokasi SKJJ, para peserta pun berkumpul menurut kelompoknya masing – masing dan kelompoknya itu menurut kelompok besar. Kemudian kelompok yang telah berkumpul tersebut diarahkan menuju gedung serba guna untuk mendapatkan pengarahan pembagian tenda laki – laki dan perempuan. Pembagian tenda telah selesai, sebelum peserta keluar dari gedung serbaguna, kita disuruh menyanyikan yel-yel prodi secara bersama-sama. Setelah menyanyikan yel-yel prodi para peserta diberi kesempatan sekitar 15 menit untuk bersih diri, sholat, atau pun yang lain. 15 menit berlalu, para peserta pun berkumpul digedung serba guna lagi untuk mengikuti kegiatan bersama – sama dengan kelompok besar. Kegiatan tersebut diadakan oleh panitia besar dengan kegiatan kreativitas. Setiap kelompok dibagi satu per satu alat dan bahan untuk kegiatan kreativitas dan diberi waktu setengah jam bagaimana caranya alat dan bahan seadanya bias menghasilkan idea tau kreativitas yang bagus dan bermakna. Tidak terasa waktu untuk membahas hasil dan makna dari kegiatan tersebut selesai sampai jam 11 malam. Para peserta kelompok besar pun berpencar dan berkumpul menurut jurusan nya masing – masing untuk mendapatkan pengarahan selanjutnya. Kemudian para peserta diberi kesempatan untuk istirahat di tendanya masing – masing sesuai ketentuan yang telah diberikan digedung serba guna. Para peserta pun segera ketenda untuk istirahat.

Istirahat pun lumayan lama sekitar kurang lebih 5 jam, kami dibangun sekitar setengah lima untuk melakukan bersih diri ataupun beribadah. Pada pukul 06.30 pagi kami semua melakukan kegiatan pagi yaitu olahraga dan ini pun sudah memasuki hari kedua, acara selanjutnya dilanjutkan dengan makan pagi. Makan pagi pun dilakukan secara serempak dengan jurusan yang lain, sistem informasi sendiri melakukan makan pagi dengan teratur dan bersama – sama. Setelah makan pagi, kami semua berkumpul kembali untuk menjalani kegiatan selanjutnya, yaitu menurut saya menelusuri atau jelajah alam, dan semua peserta sistem inforamsi sangatlah bersemangat untuk menjalani kegiatan tersebut. Dalam berkumpul tersebut digunakan untuk mensiapkan kebutuhan – kebutuhan selama perjalanan jelajah dimulai, seperti jas hujan, obat pribadi, botol minum, tas untuk membawa kebutuhan – kebutuhan, dan lain – lain yang sekiranya penting untuk dibawa dalam perjalanan jelajah. Penjelajahan pun dimulai, pemberangkatan setiap kelompok ditentukan oleh panitia dan didalam perjalanan terdapat pos, dipos tersebut ada sebuah permainan yang akan dilakukan setiap kelompok. Satu per satu kelompok mulai berjalan dan kelompok saya dan teman waktunya berangkat untuk jelajah dipagi yang lumayan cerah. Ketika perjalanan akan keluar dipos, kami disuruh untuk menunjukkan yel – yel setiap kelompok dipintu keluar SKJJ.

Selanjutnya kami diarahkan untuk keos berikutnya, dipos ini terdapat permainan, permainan ini biasanya disebut permainan jaring laba – laba ( bagaimana caranya orang yang ada sudut satu dipindahkan kesudut yang satunya dan dimana setiap lubang yang sudah dilewati tidak boleh dilewati lagi), makna dari permainan tersebut adalah bagaimana kita memasang strategi, kekompakan, komunikasi dan antar orang yang kita percaya satu sama lain. Kemudian dilanjutkan kembali perjalanan kami kepos berikutnya, dipos yang kedua membuat bahan – bahan yang ada disekitar, makna permainan tersebut yang bisa saya tangkap adalah bagaimana kita menggunakan bahan – bahan yang ada di perluas menjadi bahan yang berseni dan mempunyai makna, dilanjutkan pos ketiga yaitu permainan air ( memindahkan air yang telah diambil dari kolam namun memindahkannya menggunakan pipa yang berlubang), maknanya ialah bagaimana kita dapat mengatur strategi untuk memindahkan air ke wadah dengan pipa yang berlubang dengan waktu yang minim.

Berlanjut kepos selanjutnya, ini sebenarnya bukan pos utama namun bisa dikatakan pos peristirahatan, di pos ini ada dua permainan kecil – kecilan, yaitu permainan konsentrasi ( gajah itu besar, semut itu kecil) dan ada sebuah sekoci atau perahu kecil yang muatannya hanya untuk 2 orang saja, manakah yang diselamatkan terlebih dahulu ?. Ditengah – tengah permainan tiba – tiba hujan lumayan deras, untuk perjalanan selanjutnya ditunda sebentar dikarenakan cuaca tidak mendukung. Sekitar 10 -15 menit kami semua melanjutkan perjalanan meskipun hujan masih rintik- rintik kami masih semangat. Perjalanan menuju pos selanjutnya, dipos selanjutnya adalah permainan melewati jalanan yang sudah ditentukan dengan mata tertutup dan 1 leader. makna dari permainan tersebut ialah bagaimana seorang leader member arahan kepada anggota nya dengan benar dan sebaliknya anggota mendengarkan arahan dari leader, tidak mudah terpengaruh leh orang lain.

Hari yang terakhir yaitu hari ketiga, namun hari terakhir ini bukanlah hari terakhir kami untuk segalanya apa yang telah kita dapat. Sistem Informasi sendiri melakukan pengukuhan bagi para peserta bahwa batch satu akan menjadi keluarga Sistem Informasi STIKOM Surabaya. Para peserta turun ketempat yang sudah ditentukan oleh panitia. Pengukuhan pun dimulai, dan para ketua pun maju secara bersama untuk dikukuhkan oleh ketua prodi S1 Sistem Informasi dengan bersamaan dipakaikan jaket Sistem Informasi menandakan bahwa para peserta resmi menjadi keluarga Sistem Informasi. Dan adapula pengukuhan outbond besar yang dikukuhkan oleh bapak jangkung. Kemudian seluruh peserta Berdasi 2010 menyanyikan yel-yel Stikom dan yel-yel prodi secara bersamaan. Setelah menyanyikan yel-yel stikom dan prodi, peserta langsung diberi makan oleh panitia. Kemudian setelah makan, mulailah pembagian truk untuk pulang.




Sistem Informasi...
Yes,....

Sistem Informasi...
Yes,....

Kalau Kau Suka SI Bilang SI....?? SI....!!!
Kalau Kau Suka SI Bilang SI....?? SI....!!!
Kalau Kau Suka SI Mari Kita Lakukan Kalau kau SUka SI Bilang SI....??
SI.....!!!!!







Makna dalam setiap games di outbound

macam-macam games di outbound :

* Kereta buta, makna yang saya ambil : saling percaya pada team kelompok, sabar, dan fokus/konsentrasi mendengarkan suara ketua kelompok

* Jaring laba-laba, makna yang saya ambil : saling percaya pada team kelompok, saling tolong menolong, dan kerja sama di dalam kelompok

* Mengenal suara setiap kelompok sesuai nama hewan yang ditentukan, makna yang saya ambil : saling mengenal team kelompok, percaya pada team kelompok, dan mengenal karakter suara tem kelompok

* Water Pipe, makna yang saya ambil : kerja sama dalam team kelompok, sukaduka bersama kelompok, dan tidak membedakan satu sama yang lain

* Memasukkan paku dalam botol kratingdeng, makna yang saya ambil : fokus mendengarkan suara ketua kelompok, percaya pada team kelompok,dan juga saling bekerja sama

* Balon Seimbang, makna yang saya ambil : team kelompok saling kerja sama dalam  menyesuaikan badan agar seimbang,percaya, dan terjalinnya komunikasi dengan team kelompok

* Balon yang tidak boleh jatuh ke tanah, makna yang saya ambil :saling bekerja sama, komunikasi, dan saling percaya pada team kelompok

 

1 komentar:

Fikry Nurris Rizky (10.41010.0049) mengatakan...

Mantep Jaya..... Pengen Outbond maneh Rek.....???

Posting Komentar

 
Free Manchester United Badge MySpace Cursors at www.totallyfreecursors.com